"Selamat Datang Di Blog Pro Ecclesia Et Patria"

Kamis, 30 Mei 2013

PEJALANAN SEJARAH MARGA PMKRI PONTIANAK


Sedikit yang dapat disampaikan perjalanan singkat tentang marga PMKRI cabang Pontianak, dulu marga PMKRI ada dijalan Antasari sebelum pindah di KOMSOS KAP yang terletak di jalan Imam Bonjol dan disana bergabung dengan OKP – OKP katolik lainya seperti WKRI,Pemuda Katolik,PP BAHUMA dan FORDEM Namun seiring dengan waktu berjalan satu – persatu OKP tersebut meninggalkan tempat, hingga hanya PMKRI yang masih bertahan dan akhirnya semua situasi dimarga tersebut di kelola penuh oleh PMKRI. Namun sedikit memprihatinkan ketika kondisi PMKRI melemah dan timbul berbagai hal yang mungkin bisa dikatakan di luar kontek Organisasi PMKRI menimbulkan pandangan yang bisa bernilai minus. Dan itu berkelanjutan hingga sekarang.
Namun, ketika kepengurusan periode 2008 – 2009 mulailah benih perjuangan terhadap marga , kerena melihat kondisi Marga yang mulai memperihatinkan, atap bocor,listrik tidak ada, pintu banyak yang rusak termasuk jendela. Akhirnya PMKRI sepakat untuk berjuang  perbaikannya dan langkah pertama beraudensi dengan Pastor Wiliam Chang menyampaikan keadaan marga dengan beberapa  kali beraudensi baru ada tanggapan bahwa akan diperbaiki dari pihak keuskupan termasuk penerangan di Marga, meskipun dari PMKRI sudah menemukan donatur untuk pasang  lampu listrik, dan akhirnya kami menunggu tahap pengrehapan marga oleh keuskupan.
Akhirnya pengrehapan marga pun rampung dilaksanakan secara menyeluruh baik lantai dasar maupun lantai dua.Tepat pada hari Selasa 27 April 2010 pengurus PMKRI Cabang Pontianak periode 2010 -2011, menemui pastor Wiliam Chang untuk menyakan perihal kejelasan Penggunaan Margasiswa PMKRI, dan beliau memberikan arahan bahwa marga dapat difungsikan sebagai tempat dilaksanakannya berbagai kegiatan PMKRI.
Setelah terpilihnya kepengurusan baru periode 2010 – 2011 semangat teman – teman untuk diskusi dan kumpul bersama sangat luar bisa bahkan rela untuk berdiskusi didepan marga ( pada saat itu marga lagi direhap) selain itu juga kita diskusi dirumah teman – teman pengurus dan lapangan terbuka lainnya.
Ketika melihat kondisi margasiswa sudah layak digunakan, kepengurusan PMKRI cabang Pontianak periode 2010 – 2011 sepakat untuk bertanggung jawab penuh terhadap margasiswa.Demi kelancaran aktifitas serta kekompakan teman – teman pengurus. Selain itu juga mengingat PMKRI Cabang Pontianak pada tahun 2011 sekitar bulan November atau Desember akan menjadi tuan ruma MPA ( Majelis Permusyawaratan Anggota ) maka sekali lagi kami berharap kapada pihak keuskupan untuk bersedia memberikan marga tersebut utuh milik PMKRI Cabang Pontianak , karena dengan pertimbangan persipan MPA 2011 kedepannya. Dan kami telah sepakat untuk bertanggung jawab penuh dengan marga PMKRI tersebut salah satunya adalah:
1.      Menjaga Kebersihan Marga
2.      Tidak melakukan hal – hal yang berbau “negative” yang dapat merusak kaum intelektual (mimunan keras, narkoba, judi, dll)
3.      Merawat dan membayar Listrik di marga ketika diserahkan sepenuh nya kepada PMKRI
4.      Merawat marga seperti merawat diri sendiri
5.      Menjaga keamanan (lingkungan komsos) dan ketertiban serta kedisiplinan Marga PMKRI
6.      Menjaga dan merawat seluruh fasilitas yang ada di margasiswa.
Pernyataan di atas merupakan bukti keseriusan pengurus PMKRI untuk bertanggung jawab penuh terhadap marga siswa dan sekaligus langkah awal untuk mempersiapkan MPA 2011.
Demikian sekilas harapan kami pengurus PMKRI cabang Pontianak terhadap pihak keuskupan Agung Pontianak.

Pontianak , 3 Mei 2010
PMKRI Cabang Pontianak St. Thomas More
DPC PMKRI Cb. Pontianak 2010 - 2011

1 komentar: